Minggu, 27 September 2015

14 Langkah ANC Dalam Kehamilan



14 Langkah ANC Dalam Kehamilan
Kehamilan adalah keadaan seorang wanita yang tidak menstruasi selama 9 bulan masa kehamilan. Kehamilan atau ibu hamil ada beberapa tanda tidak pasti atau tanda pasti dalam kehamilan. Seseorang yang hanya merasa mual, pusing, muntah tidak haid belum dapat dikatakan seseorang hamil. Karena gejala tersebut dapat dirasakan oleh semua wanita dan hamil anggur (mola hidatidosa). Sedangkan untuk mengetahui seseorang hamil atau tidak, bukan hanya dilihat dari mual, muntah, pusing dan sebagainya. Kehamilan dapat diketahui dengan cek urin pada 1 bulan pertama kehamilan atau tidak haid, usg, merasakan gerak janin, membesarnya fundus uteri, payudara membesar, areola berwarna kehitaman, perubahan hormonal akan meningkat di pagi hari yang membuat ibu hamil muda merasa mual, pusing, muntah. Ada tiga faktor yang mempengaruhi kehamilan, yaitu faktor fisik, faktor psikologis dan faktor sosial budaya dan ekonomi.
Selama kehamilan harus dilakukan pemeriksaan Ante Natal Care atau sering disebut ANC sebanyak 4 kali dengan 14 langkah ANC. Pemeriksaan ANC harus dilakukan dari awal kehamilan sampai usia 9 bulan kehamilan, bertujuan untuk mendeteksi adanya komplikasi atau tanda-tanda bahaya selama kehamilan. Dalam kehamilan ada tiga trimester, yaitu trimester 1, trimester 2 dan trimester 3. Pada trimester 1 dilakukan satu kali ANC pada triwulan pertama dari usia 0 bulan sampai 4 bulan, pada trimester 2 dilakukan ANC pada triwulan kedua, satu kali pada usia kehamilan 4 bulan sampai 7 bulan dan pada trimester 3 dilakukan ANC pada triwulan ketiga, 2 kali usia kehamilan 7 bulan sampai 9 bulan.
14 Langkah ANC dalam kehamilan meliputi :    
1. Ukur Berat badan dan Tinggi Badan.
2. Ukur Tekanan Darah. Tekanan darah yang normal 110/80 - 140/90 mmHg, bila melebihi 140/90 mmHg perlu diwaspadai adanya Preeklampsia 
 3. Ukur Tinggi Fundus Uteri. TFU yang normal harus sama dengan UK dalam minggu yang dicantumkan dalam HPHT. 
4. Pemberian Tablet Fe sebanyak 90 tablet selama kehamilan. Agar ibu hamil tidak mengalami anemia selama kehamilan. 
5. Pemberian Imunisasi TT  Imunisasi Tetanus Toxoid harus segera di berikan pada saat seorang wanita hamil melakukan kunjungan yang pertama dan dilakukan pada minggu ke-4. 
6. Pemeriksaan Hb ( T6 ) Pemeriksaan Hb pada Bumil harus dilakukan pada kunjungan pertama dan minggu ke 28. bila kadar Hb < 11 gr% Bumil dinyatakan Anemia, maka harus diberi suplemen 60 mg Fe dan 0,5 mg As. Folat hingga Hb menjadi 11 gr% atau lebih. 
7. Pemeriksaan VDRL ( Veneral Disease Research Lab). Pemeriksaan dilakukan pada saat Bumil datang pertama kali diambil spesimen darah vena kurang lebih 2 cc. apabila hasil test positif maka dilakukan pengobatan dan rujukan. 
8. Pemeriksaan Protein urine  dilakukan untuk mengetahui apakah pada urine mengandung protein atau tidak untuk mendeteksi gejala Preeklampsi. 
9. Pemeriksaan Urine Reduksi  untuk Bumil dengan riwayat DM. bila hasil positif maka perlu diikuti pemeriksaan gula darah untuk memastikan adanya DMG. 
10. Perawatan Payudara : senam payudara atau perawatan payudara untuk Bumil, dilakukan 2 kali sehari sebelum mandi dimulai pada usia kehamilan 6 Minggu. 
11. Senam Hamil 
12. Pemberian Obat Malaria diberikan kepada Bumil pendatang dari daerah malaria juga kepada bumil dengan gejala malaria yakni panas tinggi disertai mengigil dan hasil apusan darah yang positif. 
13. Pemberian Kapsul Minyak Yodium diberikan pada kasus gangguan akibat kekurangan Yodium di daerah endemis yang dapat berefek buruk terhadap Tumbuh kembang Manusia. 
14. Temu wicara / Konseling : persalinan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan dan ditempat yang terdapat fasilitas lengkap dalam proses persalinan.
                                 
Kata kunci : 14 Langkah ANC
Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar